Show me an example
 
_    Sekitar 1-2 bulan lalu seorang sahabat KutaKatiK mengeluh karena modemnya diduga rusak karena tidak bisa terkoneksi dengan laptopnya. Saya bertanya kepada sahabat tersebut, Operating System apa yg digunakan saat ini? Ia pun menjawab Windows Vista. Saya pun mencoba untuk menjalankannya di Win 7, karena memang OS tersebut yang terinstall di laptop saya dan Win Vista merupakan cikal bakal Win 7. Memang benar, modem tidak mau jalan dan terus menerus muncul tulisan "no device detected." Lalu saya mencoba menggunakan modem tersebut pada Sistem Operasi Windows XP yang juga terinstall di laptop saya, namun dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala sedikitpun.

    Selidik punya selidik, modem Sierra type 885 tersebut sudah tidak akur lagi dengan OS Win Vista di laptop sahabat kami. Untuk membuatnya rujukan kembali ternyata tidak sulit, modem tersebut hanya perlu di-update Connection Software dan Firmware-nya. Untuk hal ini hanya diperlukan 3 hal penting yaitu,
1> Keinginan untuk belajar
2> File updater modem (Firmware & Connection Software)
3> Koneksi internet.

    Langkah pertama untuk memperbaiki modem Sierra 885 tsb adalah mengunduh/mendownload 2 file updater yang bisa sahabat dapatkan disini http://www.4shared.com/file/Ov6Y5AJE/J1_0_1_31BT_J1_0_1_33AP.html (Firmware) dan disini http://www.4shared.com/file/QAG8z0L2/3G_Watcher_Generic_2523.html (Connection Software). Langkah kedua yang harus dilakukan adalah uninstall Connection Software modem Sierra sahabat yang masih ter-install sekarang, ganti dengan/install Connection Software yang baru saja sahabat download (PERHATIAN! JANGAN MASUKKAN MODEM PADA SLOT USB!). Setelah proses instalasi selesai, masukkan/colok modem pada slot USB dan lakukan update Firmware dengan file kedua setelah menutup Conection Software terlebih dahulu/tutup Connection Software jika modem terdeteksi oleh komputer/laptop sahabat. PENTING UNTUK DIKETAHUI, usahakan sahabat memiliki arus listrik yang stabil dan tidak sering mati (gunakan baterai dalam keadaan penuh jika menggunakan laptop) untuk menghindari resiko rusaknya modem pada saat proses Firmware update. Langkah ketiga adalah melakukan checking, koneksikan modem sahabat dengan komputer/laptop yang telah diinstall Air Watcher versi terbaru tadi. Jika modem belum juga terdeteksi, klik kotak kecil paling kiri pada deretan tombol exit (sejajar dengan tulisan AirCard Watcher paling atas), pilih opsi reinstall driver. Tunggu sampai selesai, restart jika perlu. Dengan cara ini semoga modem sahabat bisa terkoneksi kembali.

    Apabila sahabat mengalami kesulitan lain seputar modem Sierra, silahkan mengunduh/mendownload panduan untuk menyelidiki masalah pada modem sahabat disini http://www.4shared.com/zip/mjzEMs-z/AirCard_modem_troubleshooting_.html atau sahabat bisa mengunjungi KutaKatiK untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

If you fail, learn and move on, you are growing.
-Merry Riana-




Leave a Reply.

    Frans

    Seorang pemuda yang memiliki antusias tinggi terhadap dunia pendidikan dan komputer. Bermimpi sangat besar untuk melebur dan menyatukan keduanya menjadi sesuatu yang mengasyikkan.

    Archives

    January 2012
    December 2011
    November 2011

    Categories

    All
    Computer
    Internet
    Komputer
    Laptop
    Modem
    Virus Komputer

    View my profile on LinkedIn